Sunday, May 24, 2015

Cara servis tv mati standby

MENGATASI KERUSAKAN TELEVISI YANG SERING DI JUMPAI







cara perbaiki TV mati total stanby

                                                                                                                                                                  

kali ini saya akan membahas tentang IC control sedikit yang bisa mengakibatkan TV mati stanby.

IC control juga bisa mengakibatkan TV mati total stanby, karena IC control tidak bekerja maka IC prosesor tidak dapat trigger atau masukan data dari IC control.
IC prosesor mendapat tegangan trigger terutama untuk horizontal Vcc berasal dari IC control . setelah tegangan horizontal VCC masuk dan oscillator horizontal bekerja maka tegangan horizontal driver keluar untuk memacu transistor driver horizontal hidup. Setelah transistor driver hidup bila tidak ada masalah lagi di power horizontal , maka akan hiduplah TV tersebut .
Biasanya IC control tidak pernah rusak kecuali TV kena petir . IC control harus mendapat teg angan kurang lebih 5 volt ( tergantung type IC controlnya ) dan konstan .
IC control ini sangat sensitive tidak boleh lembab dan kotor.apa lagi basah . oscilatornya memakai x’tal dan bekerja sama dengan IC memory .
Bisa juga tuts nya ada yang short , lembab atau kena air berarti salah satunya kaki IC control short maka TV ini juga tidak mau hidup . periksa juga barangkali solderan nya kering maka perlu solder ulang .

cara perbaiki tv mati total standby 2
Seperti janji saya , cara perbaiki TV mati stanby bagian ke 2 ini , lanjutan dari artikel yang terdahulu oke…. Yup kita lanjutkan…
Kita anggap power supply baik dan rangkaian control baik .kemungkinan rangkaian blog horizontal ada masalah . misalnya rangkain oscilator horizontal , rangakian driver horizontal dan rangkaian power horizontal. Untuk rangkaian ascilator horizontal anda periksa tegangan horizontal vcc ( H.vcc ). X’tal dan rangkaian sekitarnya misalnya H out bagaimana ?
Untuk rangkaian driver horizontal periksa tegangan di basis transistor driver dan collector nya . tegangan di collector transistor driver harus ada setengah tegangan Vcc . juga periksa trafo output horizontal ini jarang rusak .
Periksa power horizontal ini sering rusak , biasa rusak ada penyebabnya , cari dulu penyebab nya baru ganti . periksa tegangan di collector dan basis . atau yang terakhir FBT ( flyback trafo ) nya rusak , FBT bisa di tes sebelum anda membelinya 
Kalau sudah oke semua pasti deh hidup . untuk belajar lebih mendalam anda harus mempunyai ebook yang saya sedang susun tunggu tanggal mainnya.

kerusakan tv buram dan gelap
Penyakit tv sekarang ini memang jelek kwalitasnya , apalagi merk nya engga terkenal Kadang TV anda baru beberapa tahun aja gambarnya udah gelap
kadang buram walaupun brightnes dan contras maximal ini mungkin stelan di FBT berubah kadang juga emisi layarnya berubah maklum kwalitas layarTV kurang bagus Cuma disini anda harus membuka tutup belakang TV . ayo mari kita praktekan…..buka tutup belakang TV lalu kita lihat ada sebuah komponen yang berbentuk bulat tinggi sekitar 7 cm warna hitam ada kabel merah besar
yang menempel ke tabung layer itulah yang nama nya FLY BACK atau FBT di badan nya ada 2 buah setelan yang satu tulisan nya FOCUS gunanya untuk mempertajam gambar , yang satu lagi tulisannya SCREEN gunanya untuk mengatur gelap terang ,putar kekiri atau kekanan SCREEN pelan2 sampai
gambarnya bagus terang tapi jangan sampai keluar garis tipis putih
dan putar setelan FOCUS sampai gambar tajam ,setelah terang dan tajam
Jadi deh…….. terus pasang kembali tutup belakang TV …..mantap……
Okeh gampangkan…?
Begitukan teman-teman…….he he he tolong tambahin dong pengalaman 2 teman-teman
Tulis dikolom komentar .

cara memperbaiki tv mati standby
Pada akhir-akhir ini memang banyak sekali keluhan tv mati stanby alias ga mau hidup hanya lampu kecil merah saja yang nyala. Apa sih… penyebab nya ?
Untuk kerusakan tv ini sebenarnya banyak kemungkinan misalnya : Rangkaian control dan IC nya lembab atau kotor.
Power supply tidak bekerja maximal ( lemah ) Tuts nya ada yang short . kotor
Rangkaian osc dan driver horizontal tidak bekerja . atau ada yang rusak
Ini yang banyak terjadi ada salah satu rangkaian yang bermasalah atau rusak jadi protect, Bagaimana cara memperbaiki tv tersebut ?
Kita parbaiki aja yang gampang-gampang dulu seperti membersihkan rangkaian control dan sekitar IC control dengan kwas dan tener lalu keringkan . coba…hidupkan Kalau belum ok solder ulang kaki-kaki IC control dan IC prosesornya ,dan juga rangkaian nya , hati-hati jangan sampai ada kaki IC yang terhubung singkat ( short ), Coba lagi hidupkan …. Bagaimana sudah berhasil ? kalau belum..
Periksa tuts nya mungkin ada yang short , cabut dan bersihkan dengan tener rusak ganti dengan yang baru. Pasang kembali coba hidupkan ….belum juga hidup ?
Periksa rangkaian power supply teg B+ 100volt s/d 115 volt untuk 14” dan 21” .
Teg b+ 135 volt s/d 145 volt untuk 28” dan 29” Periksa teg 5 volt atau 3 volt untuk teg IC control dan memori.
Biasa elco-elco nya yang sudah lemah terutama yang tegangan nya tinggi.
Coba lagi deh mungkin sudah hidup . kalau belum hidup juga tunggu artikel berikutnya…cara perbaiki tv mati stanby bagian kedu
cara cabut pasang IC BGA pada tv dan hp Sebelum anda mengangkat IC BGA pada hand phone dan tv . siapkan dulu alat yang diperlukan kuwas lembut , pinset . dan tener untuk pembersih timah dan songka cair kawat tembaga serabut untuk mengambil sisa timah plat cetak IC BGA blower , solder 30 watt cara mencabut IC BGA taruh kan songka cair ( pasta ) keseluruh badan dan kaki IC secukupnya agar panas nya tidak merusak IC . panaskan pakai blower sambil digoyang-goyangkan IC tersebut pakai pinset sampai tercabut keluar. Bersihkan sisa timah di kaki IC pakai kawat tembaga serabut hingga rata permukaan nya juga PCB nya . setelah itu bersihkan pakai tener IC maupun PCB nya dan keringkan .
cara pasang IC BGA .
untuk memasang IC BGA anda harus membuat kaki IC dahulu caranya ambil plat pencetak IC BGA tempelkan pada IC tersebut hingga pas betul lalu oleskan timah cair pada permukaan plat yang berada diatas IC hingga lumer timah tersebut menjadi kaki IC , angkat plat cetakan dan anda amati apakah semua kaki sudah tercetak dan rata ,kalau sudah IC siap dipasang . pasang IC BGA tepat pada PCB sebelumnya oleskan dulu pakai songka cair IC dan PCB nya , perhatikan kaki no 1 jangan sampai salah , oleskan songka cair diatas badan IC . lalu panaskan badan IC tersebut sambil ditekan sedikit pakai pinset sampai terlihat IC menempel pada PCB nya , bersihkan pakai tener sedikit dan selesai
tunggu artikel selanjutnya , semoga bermanfaat .

cara servis tv pakai oscilloscope
Oscilloscope sangat membantu dalam memperbaiki tv maupun hp , apalagi untuk mengetahui rangkaian kerja oscillator / pembangkit . misalnya untuk mengetahui kerja oscillator horizontal sampai driver horizontal pada tv mati total . bisa juga untuk memeriksa IC control , misalnya oscillator x,tal , riset dan lain nya pada tv mati stanby . begitu juga untuk memeriksa sinyal gambar mulai dari rangkaian IF sampai pada rangkaian video output juga rangkaian suara . dengan osciloscop anda juga bisa memeriksa rangkaian kerja AV .
Untuk mengetahui tv mati total , mati total standby paling mudah periksa pakai osciloscop . mulai dari pembangkit / oscillator horizontal sampai ke driver horizontal , kita bisa melihat signal nya , apakah ada atau terputus bila ternyata putus , kita bisa ukur / periksa pakai multimeter rangkaian tersebut . begitu juga dengan rangkaian IC control bisa di cek pakai osciloscop. Dan masih banyak lagi kegunaan osciloscop .



Kerusakan TV dan cara memperbaikinya

Disini saya akan membahas tentang Kerusakan TV dan cara memperbaikinya diantaranya adalah sebagai berikut;
TV Advante 21″
TV ini dalam keadaan menyala tapi hanya ada blue screen dan sebuah gambar kunci dipojok kiri bawa.
  Solusinya adalah:
Tekan dan tahan tombol display di
remot kurang lebih 5 detik dijamin TV akan normal kembali. Metode ini berlaku berapa macam TV Merek Cina.
TV Goldstar sinema 20″
TV ini sering mati sendiri (standby) tetapi kalau dihidtpkan kembali masi bisa, tapi beberapa saat kemudian akan kembali standby, begitu seterusnya.
  Solusinya adalah;
Ganti elko 10uf/50v didekat transistor driver Horisontal, kalau perlu ganti semua elko yang ada di sekitar driver Horisontal-nya.
TV SHARP 20X20
TV ini kondisinya mati total, ketika tombol power ditekan lampu indikator nyalah merah,kemudian hijau,kemudian balik lagi ke merah. Jadi TV ini kondisinya terprotek tidak mau star, setelah dibongkar ternyata banyak solderan yang lepas setelah disolder ulang. Dihidupkan kembali ternyata blum mau star.
  Solusinya adalah;
TV ini ada data yang korupsi didalam IC EEPROM, Jadi harus direset IC tersebut, caranya adalah saat TV mati,Jumper J137 dengan J138. Setelah itu nyalakan TV, Biarkan sesaat agar IC EEPROM wiriting kembali sampai TV menyala normal, kemudian matikan TV, lalu lepaskan jumper tadi, lalu nyalakan kembali TV dijamin TV akan nyala normal.
TV Tohsiba bomba 21″
TV ini sering standby sendiri, kalau distar lagi kadang mau star kadang juga tidak.
  solusinya adalah:
coba periksa tegangan B+ di regulator kalau kadang ada kadang juga tidak ada berarti optocoupler-nya yang rusak silah kan ganti yang baru.
TV Panasonic Quintrix F series 21″
TV ini tidak mau star sama sekali.
  Solusinya adalah:
coba cek tegangan B+ kalau naik turun tidak mau stabil berarti C832 dengan 470mf/16v di sisi regulator 7805 rusak silahkan ganti.
TV Cina merek MASDA.
Gambar tidak menampilkan warna hijau. Tegangan khatoda R,G,B normal dan seimbang tapi tegangan di R-out, G-out dan B-out dari IC LA76818 tidak seimbang.
  Solusinya adalah:
silahkan ganti yang IC yang dimaksut, yaitu IC LA76818
TV Politron Minimax MX5203R
TV ini hanya pada posisi standby saja tidak mau star dan lampu power berkedip-kedip saja.
  Solusinya adalah:
Coba cek tegangan B+ kalau tegangan naik turun, ganti dioda D505 dan C507 pada B+
TV merek Polestar 14″
Gambar ada garis-garis seperti serat kayu.
  Solusinya adalah:
ganti Capasitor 10mf/256v di bagian catu kathoda 180v
TV Sony KV29MNT 29″
Pada saat pertama kali dihidupkan, layar di bagian bawa vertikal kurang penuh ditamba dengan gambar bergetar, lama-kelamaan ganbar memjadi normal kembali.
  Solusinya dalah:
Ganti trimpot vertikal-nya
TV Sony KV29MNT 29″
Saat pertama kali dinyalakan gambar normal saja lama-kelamaan gambar meleset terus hanya raster saja terlihat.
  Solusinya adalah:
Coba ganti TUNER-nya.
TV Samsung plano 21″
TV ini hanya chanel frekuensi yang bawa saja yang bisa diterima, sedangkan chanel demgan frekuensi yang di atas tidak bisa di terima.
  Solusinya adalah:
Diode zener 30v yang menghubungkan 100v ke VT pada Tuner rusak, Silahkan ganti
TV Changhong 29″
Gambar tidak ada tapi suara ada.
  Solusinya adalah:
Silahkan cek titik solderan pada kaki IC CHROMA jika retak silahkan solder ulang.
TV Politron Minimax 21″
TV ini tidak mau star tapi kadang mau juga.
  Solusinya adalah:
Permasalahanya pada Capasitor 10mf/100v pada bagian regulator yang menuju ke Trafo driver horisontal. Ganti Capasitor ini dengan nilai 100mf/100v, dijamin TV nyala kembali 0.000000 0.000000 i


TANYA JAWAB

Tanya
mas sya mau tnya tv aku LG dinyalakan kdang sebentar mati dinyalakan lgi ngk bisa tp klu dicabut colokanya dinyalakan lgi bisa kira2 apanya ya trim bnyak bantuanya
Jawab
  1. Coba cek/ganti komponen di bagian power suply maupun di bagian blok horizontal terutama C-nya di bagian horizontali 
Tanya
salam kenal boss.. mau tanya,,,saya punya tv polytron bigbeauty bridnes sama contras nya gak berfungsi. kira kira yang rusak apanya ya boss,,?? dan di sebelah mana? tolong di jawab ya boss. trima kasih
Jawab
  Coba cek/ganti Transistornya
Tanya
Mau naya ni mas kalo pada TV 14 “LG soundmax plus, masalahnya kalau kita hidupin tv keliatan normal namun ketika masuk kemenu AV tv lasung keposisi stenbay dan kalo kita idupin kembali susah hidup harus kita pencet tombol power 5-10 kali baru bisa normal padahal semua elco 2,2uf 160v dan elko 160v yang lain udah kita ganti tapi ngak ada perubahan tolong infonya…?
Jawab
  Coba di sermod dulu, kalau tetap sama coba ganti IC eeprom.
Tanya
mas saya mau tanya,
kalau tv telat memunculkan gambar,
kerusakan di bagian yg mna?
Jawab
  Coba periksa socket CRT-nya biasanya karatan di dalamnya yg berhubungan dengan kabel fokus dan periksa juga komponen yg berhubungan dengan ABL.
Tanya
mat pagi..mas aq mautanya..
aq punya tv lg awalnya tdk nyala sma sekali sdh aq ganti TRnya bisa nyala ttp gambarnya bergaris2 dan lari naik turun setelah itu aq ganti RFnya tetap saja tdk berubah aq ganti IC vertikal dan Elko yg ada disekitar vertikal tetap saja tidak berubah, kemungkinan apanya ya mas? tolong infonya. trims sebelumnya
Ipunk
Jawab
  Coba cek switch TV/AV.
Semoga dpat membantu.
Tanya
mas,, mau nanya ni,, ^^
tv saya Sharp 20×20
alur permaslahannya, tv kondisi mati, sy power nyala led marah, trus sy power lwt remot nyala led hijau tp koq nampak di monitor garis vertikal,, selang beberapa detik kembali ke led merah brarti kembali ke kondisi standby lagi… trus sy coba nyalain led hijau tdk bisa, justru harus dalam kodisi mati dulu alias mulai dari awal lagi,,, bgaimana y mas solusinya ?? mohon bantuannya,,, ^^
Jawab
  Letak permasalahanya ada di bagian horizontal coba cek komponen yang ada di blok horizontal dan yoke horizontal beserta kabel defleksinya dan semua titik solder di blok horizontal.
Tanya
mas,mw tny….
klo tv nya gk mw nrima siaran gmn tuh?
pd hal udah dcoba perbaiki dibagian tunernya…..apa ada masalah dibagian lainnya mas?
Jawab
  Merek TVnya dan modelnya apa?…
Tapi biasanya kalau TV ga’ bisa nangkap siaran selain tunernya Travo IF/AFT dan juga IC Program atau di bagian Sermo.
Tanya
hi….mas mo tanya nech
tv aku toshiba 29″ klo gambar sih bagus and gak ada problem…
tpi knapa suaranya putus2 ya…
mohon PENCERAHANNYA….thankss…and lam knl…
Jawab
  Salam kenal balik buat adek…
TV adek kemungkinan ada dioda zener yg agak short/putus di bagian IC Audio.
Tanya
malam mas, aku endi di
semarang. Mau konsul neh,
baru kali ni pasang mesin
tv baru buatan china merk
wansonic. Tv merk digitec.
Waktu smua terpasang langsung creeet MCB PLN
padam, dibarenge yoke
kebakar, ic vertikal pecah!
Aku ganti yoke yg kata
penjuale cocok bwt mesin
wansonic, alhasil creet lg, buull keluar asap dr yoke >:( hufh… Mohon
pencerahan doonk..
Jawab
  Kemungkinan kabel yoke-nya terbalik atau sala pasang, karna sala satu kabel defleksi yoke salah pasang, (kabel vertikal ke horisonta) akan merusak IC Vertikal dengan komponen pendukunnya bahkan yoke bisa ikut hangus.
Tanya
para master, say amau minta bantunyannya.. TV TCL 2175as saya awalnya layarnya menyempit atas dan bawahnya timbul garis putih,, nah terus saya coba ganti IC horizontalnya,, dan ternyata sudah di ganti malah layarnya gag mau nyala,, dari itu saya minta penjelasan dan sarannya…
Jawab
  Berarti bukan IC yang bermasalah, coba cek semua elko yang ada di blok vertikal biasanya ada elko yang kembung atau uda kering, kalau perlu ganti semua elko yang ada dibagian blok pertikal.
Kalau mengenai garis-garis putih yang ada dibawah atau diatas biasanya defleksi yoke kurang bagus.
Tanya
salam mas, tv saya merek cina, pada layar muncul tulisan factory sehingga tombol manualnya tidak bisa digunakan sedangkan remotnya hilang, apa ada cara lain untuk memperbaikinya?,, mohon solusunya……..terima kasih
Jawab
  Coba matikan TV lalu hidupkan kembali, kalau tetap muncul menu factory berarti data IC eeprom korup, silahkan program ulang IC Eeprom.
 i Tanya
salam kenal mas ini dengan saya ari, saya mau tanya, tv saya merk LG 21 layar datar, pada layar hanya ada satu garis ke samping dan muncul selama kurang lebih 1 menit kemudian mati tapi lampu indikatornya tetap menyala, itu kerusakan bagaimana mas? mohon solusinya, terima kasih sebelumnya.
Jawab&lt
  Kenal balik…
Mungkin maksud saudara ari hanya garis horizontal, kalau meman demikian, biasanya kerusakanya ada di bagian blok Vertikal dan di bagian IC osilator, coba periksa dulu titik solderan di blok vertikal maupun di kaki IC Osilator (IC yang paling besar) bi asanya ada solderan yang retak atau ada capasitor elko yang kembung atau kering dan jangan lupa cek tegangan IC Vertikal-nya apakah normal atau tidak, tapi besar kemungkinan IC Vertikal yang short atau ada koponen di bagian vertikal yang short. Sekira cukup dulu saran saya, semoga dapat membantu
Tanya
thans mas atas infonya……
saya baru coba2 ne mas reparasi tv…..
saya mau tanya tv LG slim sanggul petak….
tv itu layarnya ngak penuh padahal mesin asli. trus tr horizontalnya cepet panas….
tolong ya mas solusinya…..
Jawab
  Sama-sama… Thans juga atas kunjunganya…
Permasalahan TV anda ada di bagian blok Horizontal kemungkinan ada kapasitor kramik yang berubah nilaiya coba di cek. Semoga dapat membantu
Tanya
SALAM KENAL MAS.
mas mau tanya tv polytron minimax 14″ tidak mau star lampu led menyala tegangan b+ 25v kalau tombol powerr remot di pencet naik menjadi 30v kemudian turun lagi.
pada saat jalur b+ dilepas tegangan b+ 25v kalau tombol powerr remot di pencet naik menjadi 50v di pencet lagi naik menjadi 70v dan pada saat 70v jalur b+ di sambung tv nyala normal.
Apanya yang rusak mas…..
Jawab
  kenal balik…
Trimakasi atas kunjunganya!!!
Oia… Permasalahan TV anda kemungkinan Elko B+nya yang kurang bagus atau sudah kering, coba di ganti.dan jangan lupa cek diodanya kalau perlu ganti juga dengan nilai yang sama, semoga dapat membantu…
Tanya
saya pya tv polytron tegangan pada b+ tidak normalato kurang
yang 14v menjadi 9v ; 8v menjadi 5v dsb.
kira2 yang rusak apanya y?
sebelumnya atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
Jawab
  Kerusakan seperti itu biasanya ada elco yang kering (agak short) di bagian regulator
Tanya
sy pny tv lg flat 21, mesin rusak, diganti sma mesin wansonic, tp setelah dipasang gambarnya melebar. gmn cara mengatur gambarnya? di mesinnya gak ada trimpot.
Jawab
  Silahkan anda masuk ke adjus menu servis
Tanya
tv mati tapi lampu idikator nya nyala tolong kasi saran ya mas
Jawab
  TV mati standby banyak penyebabnya di antaranya;
Transistor horizontal putus biasa juga dari plyback (FBT) dan optocoupler atau ada dioda sener short, ciri-ciri dioda short ada suara mendenging, biasa juga tegangan B+nya drop disebakan karena Elko-nya uda kering atau driver horizotal tidak kerja. Karena tidak ada tegangan menuju ke travo driver horizontal dan bisa juga dari capasitornya didekat travo driver horizontal disitu ada 2 capasipor atau dari transistornya. Semoga dapat membantu…
saya akui mantep mas, sekalian mau nanya langkah2 memperbaiki tv polytron yang tegangannya naik turun apa aja mas, tv pertama sblm matot gbrnya cekung, sy ganti tr horizontal dan d313 yg dah sort tetep tak mau jg tr hornya langsung kenak lg.tegangan yg seharusnya keluar dr travo driver horizontal berapa bang ac apa dc
Tanya
tv sy thosiba 29″ kerusakan saat tvx hidup gmbrx agak buran kyk kelise, setelah agak lama gmbr dh mulai bgs, kira2 apax ya mas mohon penceraanx…
Jawab
  Silahkan ganti flyback.
Tanya
sony 20″ lampu indikator berkedip, kira kira apanya yang rusak ya?
Jawab
  Kalau tegangan semua normal coba ganti Transistor horizontal, jika suda diganti transistor Horizontal tetap juga sama kemungkinan Flybacknya yang rusak
Tanya
tv polytron minimax tak ada tegangan pada bagian b+115V.AWALnya tv dlm keadaan hidup’hanya layarnya agak gelap.lalu saya hanya menyolder kembali kaki2 solderan yg kendur mlhan tv ngak hidup sama skli.dan cara mengetahui regulator bekerja dngn baik?makasih mas untuk tangapanya
Jawab
  Coba dulu tes semua kaki elko degan multitester antara kaki -/+ apabila jarum multitester tidak kembalik berarti ada yang short sehinga tegangan tidak ada.
Yang sering short adalah Elko, Ttransistor Horisontal, Dioda dan Flybaback, untuk mengetahui short-nya flyback coba buka flyback dari PCB dan ukur kaki Ground dengan Colector jika nyambung atau jarum bergerak, biar sedikit pun berarti Flyback itu short (rusak).
eh..ada yang lupa satu lagi tv sya merk hoye (china) pada saat auto search pas nengkep siaran antv berada pada posisi di tengah dan ga bisa nangkep siaran tv one ke atas….makasi atas jawabannya
Tanya
maaf mas sblumnya kenalin saya andriansyah….mo nanya tv saya merk fujitek 29″ kl dalam keadaan mati (Standby) maupun sedang nyala suka ada suara gemuruh…kira-kira bagian apa yang rusakanya ya? makasi atas jawabannya
Jawab
  Apakah suara gemuru itu dari speker, kalau meman demikian berarti IC Audio yang susak (short)
Tanya
ass….pagi mas…..kemarin dah saya ganti ic suaranya tapi masih ada juga suara gemuruhnya…..kemungkinan lain apanya ya?
Jawab
  • Coba cek dioda senernya biasanya agak short dan cek juga koponen di bagian drivernya.
    •  
Tanya
maaf mas sblmnya kenalkan nama saya asep,
saya mo tanya nih,TV samsung 21″ lampu standby nyala tp di hidupkan gak mau tunggu berapa mnt kmudian di pencet chanel di TV baru mau.setelah muncul bbrpa centi di layar bag atas ada garis-garis horizontal,kl di lht2 gbr kayk kelipet.
satu lg mas TV merk cina g bisa tuning chanel sama sekali g nyangkut,sy dah cb ganti tuner sm sj.
trims atas segala bantuannya mas,smg sukses sll.
Jawab
  Kalau ga pakai remot meman harus kita pencet dulu tombol chanel di TV baru bisa. Kalau untuk permasalahan beberapa centi meter saja dilayar dan ada garis-garisnya, kerusakanya ada di bagian blok Vertikal biasanya ada solderan yang lepas atau ada elco yang kering atau bengkak.
Untuk TV CINA coba cek di bagian IF.
Semoga dapat membantu.
Tanya
mas, mau nanya…
tv sy merek aiwa..
td pas dinyalain , bberapa menit kemudian tiba2 mati sendiri dan ada bunyi dr dalam tv nya..
ada bau kayak terbakar jg.. knapa ya kira2?
dan kalau diperbaiki kira2 berapa biayanya?
Jawab  ada komponen yang terbakar di sebabkan karna adanya komponen lain yang short.
Kalau soal biaya ditentukan setelah TV anda suda di periksa terlebih dahulu.


DAFTAR KERUSAKAN TV TOSHIBA DARI BERBAGAI SUMBER

Kali ini saya akan menuliskan pengalaman pribadi sebagai tehnisi.sering kali dapat servisan tv Dengan kerusakan HOT SHORT.begitu di ganti cuma bertahan 1/2hari.biasanya saya putuskan jalur kaki flyback ke colektor kemudian pasang R 0,56ohm 1watt.di jalur yang di putus….ok semoga bermanfaat
Kerusakan TV Toshiba
Toshiba TV Model: 28W23B
Masuk Service Mode
Tekan tombol menu lalu tekan 4,7,2,5
Toshiba TV Model: 198X6M
Tegangan Horizontal output kecil
Periksa kapasitor C403 dan C408 (keduanya 50V) Nilai kedua kapasitor ini sering berubah.
Toshiba TV Model: 28WD98B
TV Standby, Tegangan 16 volt turun menjadi 8 volt
Ganti C872 (220uF, 50V).
Toshiba TV Model: 215R8N
Distorsi Gambar Vertikal
Ganti c317 di CCT vertikal (2.2uf, 50V) dengan 4.7uF . Kalo bisa ganti yang 105 º!
Toshiba TV Model: 219T9B
Intermiten Berubah setelah beberapa jam
Ganti chip IC303 (AN5515)
Toshiba TV Model: 145R7B
Mati total
D808 s c / HT tinggi karna ic rusak (STR50020)
Toshiba TV Model: 210T6BZ
suara tidak normal
Tegangan pada C832 lebih dari 25V! Ganti Q809, C866, C869, C864 dan resolder modul PSU
Toshiba TV Model: 3798DG (Chassis C8SS)
E / W tidak normal
Ganti dioda peredam D461 (ERC20-06)
TV SAMSUNG LAMPU LED KEDIP-KEDIP
Tv Samsung Zoom Vision Hitron dengan type CB-338CV dengan keluhan kerusakan bila tv di on kan tv tidak mau menyala hanya indikator LEdnya saja yang berkedip-kedip terus menerus,tombol panel dan dari remote tak bereaksi,tv ini menggunakan aisy program SZM-173EV dan aisy crhoma TDA8841 S1.
Setelah di lakukan pengecekan di dapati tegangan B+ kegedean,dimana untuk tv Samsung standartnya 125V,di sini terukur 148V,jelas ada yang nggak beres di rangkaian B+ adjustnya.Dari pemantauan fisik didapati C811=1000uf/25v agak kembung begitu di cabut ternyata bocor bawahnya, selain itu  ada R yang melar di rangkaian tersebut yaitu R816=120K.yang menyebabkan tegangan B+ menjadi tidak normal.Pergantian pemain pun di lakukan dan langsung di ujicoba dan ternyata tv bisa hidup raster pun muncul.cek tegangan B+ Sudah normal,kemudian pasang Antena dan coba auto search tidak ada satu siaran pun yang nyantol cuma bintik saja yang kelihatan ,ternyata tv ini  komplikasi sakitnya!akhirnya di dapati D2903=KA33V posisinya sudah short.Saatnya TV untuk ditest begitu pasang antena dan di Auto search langsung menyimpan siaran. Akhirnya normal  kembali tuh Tv samsung…..



Cara menembak Katode short dengan G1
KASUS :
  • Raster merah disertai dengan garis-garis blangking
  • Tidak ada gambar maupun OSD
  • Screen coba diminimalkan raster tetap menyala
 
PEMERIKSAAN :
  • Solderan Katode Red pada kaki CRT soket di open – raster tetap menyala merah.
  • Biasanya hal seperti ini disebabkan karena Katode short dengan Heater – maka kami coba mengisolir heataer dari ground dengan cara membuat lilitan pada ferit flyback sebagai pengganti tegangan heater – Tetapi problem tetap sama saja.
  • Kesimpulan kami Katode telah short dengan G1 – maka kami coba open solderan kaki G1 pada CRT soket – Dari percobaan ini terbukti memang Katode short dengan G1
 
ANALISA :
  • Short disebabkan oleh adanya kotoran atau kerak yang terakumulasi pada katode.
  • Short kadang hanya terjadi pada saat heater dipanaskan, jadi ketika teve dimatikan short tidak dapat dicek menggunakan ohm-meter. tetapi kadang short dapat dicek menggunakan ohm-metar.
  • Short atau hubungan antara Katode dengan Heater mungkin mempunyai resistansi beberapa ohm hingga puluhan kilo ohm

SOLUSI :
Kotoran dapat dihilangkan dengan cara ditembak. Cara yang pernah kami lakukan adalah sebagai berikut :
  • Lepas soket CRT yang asli.
  • Pasang soket CRT kosong.
  • Beri tegangan heater dari luar menggunakan DC power-suply atau tranfo adaptor dengan tegangan sekitar 5 hingga 6v.
  • Tembak pin Katode dengan G1 menggunakan tegangan listrik AC 220v yang diseri dengan lampu 100w/220v (dengan cara disentuhkan sesaat)
  • Saat ditembak terlihat bunga api keluar didalam lehar tabung CRT. Hal ini menunjukkan bahwa kotoran telah rontok.

servis tv merk NAKAI
Pagi tadi dapat servisan tv cina merk “NAKAI”.katanya tuan tv hilang gambar suara ada,jadi langsung dibuka ini tv ukur tegangan 115 b+ bagus,24v,180v,16v,semuanya normal.ah……jadi bingung nih……coba atur screen di flyback ada gambar tapi buram/tdk fokus cuma sinar putih yang dominan.cek tegangan diskitar kaki flyback didapati lah biang kerok sumber kerusakan tv ini .tegangan abl tdk ada samasekali.lalu urut jalur ada R 506(100Kohm) putus….tus…….setelah pergantian pemain nomor punggung R506 TV Akhirnya bisa hidup normal…….
Polytron 21 slim horisontal kurang lebar
Polytron 21 slim horisontal kurang lebar KASUS : Polytron slim 21inch dengan HBT-01-01G eks gagal service teknisi. Problem horisontal size menyempit kiri-kanan masing-masing kurang lebih 2 cm. PEMERIKSAAN : Tr horisontal sudah diganti dengan tipe lain Kapasitor resonant yang bagian atas nampak bekas disolder (mungkin bekas diperiksa) “Wah….rasanya bakal mendapat problem sulit ini !!!!”……pikir kami TINDAKAN (1) : Pertama cek tegangan B+ ….normal tidak ada masalah. Analisa penyebab jatuh pada kapasitor resonant atas dan bawah nilai berubah (lihat gambar dibawah). Langsung kami lepas kedua kapasitor tersebut. Coba ukur nilainya dengan kapasitor-meter….dan nampaknya tidak ada masalah semua…….wooooo….trus apa lagi ya……. Kami cek data transistor pengganti dengan cara down-load dari “datasheet4u.com”. ternyata “spesifikasi arus” kurang jika digunakan untuk horisontal slim. Maka tr horisontal langsung kami ganti dengan part nomor 2SC5296 ( …….hal ini berdasarkan pertimbangan juga digunakan oleh AKARI slim 21” atau China 29” ) Dan hasilnya gambar langsung…..OK bagus…..ditunggu 10 menit….dipegang pendingin horisontal……dingin-dingin saja…..aman…… …..tetapi ada sedikit keraguan…..apakah tr horisontal betul-betul akar penyebabnya ????? Maka kami test running pesawat……………………dan setelah melalui test dari pagi hingga jam 2 siang………problem kembali kumat…….wah mikir lagi niii…….???? clip_image002 TINDAKAN (2) Kecurigaan tetap jatuh pada kapasitor resonant atas dan bawah (lihat gambar diatas) Iseng-iseng……kami ambil ESR-meter. Kami cek kapasitor langsung in-sirkit tanpa melepas Nilai kapasitor atas menunjukkan angka-7 dan kapasitor bawah menunjukkan angka-5 (…….maksud kami angka yang tertera pada vu-meter yang kami gunakan untuk membuat ESR-meter) Kemudian kami ambil contoh kapasitor dengan nilai yang sama dengan kedua kapasitor diatas. Ternyata kapasitor bawah yang bagus menunjukkan angka-3. Kesimpulan kami kapasitor bawah telah mengalami “penurunan nilai (makin kecil penunjukkan angka pada ESR-meter….maka berarti nilai kapasitor makin besar) Selanjutnya kami lepas kapsitor bawah….dan kami cek lagi…..ternyata nilainya menunjukkan angka-3……..lho……..ini artinya nilai menjadi normal kembali…… Berpikir sejenak…….analisa kami pada TINDAKAN.1…..ketika kapasitor disolder untuk dilepas (…artinya kena panas)….maka mungkin kontak kaki-kakinya menjadi normal kembali sehingga nilainya kembali normal Maka kami putuskan untuk langsung mengganti kapasitor bawah dengan yang bagus saja…… Coba running test………hingga 2 hari………dan hasilnya NO PROBLEM lagi……..THANKS GOD Catatan : ESR-meter sebenarnya “bukan” berfungsi untuk mengukur “nilai kapsitor” Tetapi pengalaman kami ESR meter dapat di-manfaatkan untuk memperkirakan kerusakan kapasitor milar dengan nilai 552 hingga 203 yang biasa dipasang pada kolektor tr horisontal out. Caranya dengan melihat simpangan jarum-meter dengan membandingkan antara kapasitor yang dicurigai rusak dengan kapasitor contoh yang masih bagus.

Sharp 29” mati protek dan led merah kedip 5x
Sharp 29” dengan program IX-3422 dan chroma IX-3396 model 29UF200
Problem pesawat dapat menyala dengan raster noise kurang lebih beberapa detik, kemudian mati protek dan led merah kedip 5x secara berulang. Mau coba auto-search keburu mati.
TINDAKAN :
Pertama kami menyangka problem protek disebabkan disebabkan karena “hard-ware” ada yang bermasalah.
Dilacak semua sirkit protek tidak ada yang bermasalah. Bahkan sirkit protek ke mikrokontrol dilumpuhkan tetap saja protek.
Setelah membaca beberapa koleksi service manual Sharp yang kami miliki, ternyata kedip 5x dapat menunjukkan bahwa protek disebabkan karena “soft-ware” protek, dimana komunikasi antara mikrokontrol dengan ic lainnya ada masalah. Kedip 5x menunjukkan bahwa ada masalah pada sirkit bagian pemroses suara (gambar dibawah).
Maka kecurigaan kami jatuh pada ic kontrol volume, bass, trebel AN5189K. Cek jalur SDA/SCL pada ic tersebut tidak diketemukan masalah…..jadi kemungkinan ic rusak.
Untuk memastikan problem pada ic tersebut, maka kami coba lewat AV-in. Ternyata suara tidak ada, walau volume sudah dibuka penuh…….jadi tambah jakin kalau ic problem !!!
clip_image002
SOLUSI :
Coba cari ke service resmi Sharp dan Polytron. Keduanya sudah tidak memiliki lagi (discontinue)……..wah berabe nih……
Coba cari on line ke Ebay……ada harganya $15 tambah ongkos kirim $5…… wuih… mahalnya….belum nanti ditambah bea masuk ????
Coba kontak akang DEDE (digitalmas.blogspot.com). Alhamdullilah dapat mencarikan part tersebut (…….malah dikasih gratis pulsa……trims akang Dede……lain kali minta tolong lagi….jangan kapok ya……bagus rencananya untuk buka toko on-line yang akan menyediakan part-part yang sulit dicari……..saya dukung sepenuhnya).
Setelah part datang langsung pasang dan………..pesawat langsung OK.


Cara ServisTV LG ULTRA SLIM STANDBY
Cara Servis Tv LG Ultra slim
Dapet pasien lagi tv lg ultra slim dengan keluhan tv gak mau star padahal led nyala,menurut keterangan bapak yang punya tv ini,dia ketiduran saat istirahat sambil nonton tv,sehabis bangun tidur tv udah mati dikiranya dimatikan oleh istrinya ,dia coba nyalakan tv e…ternyata tvnya juga ikut tidur,kubuka casang dan ku amati gak ada komponen yang hangus cek output regulator normal-normal aja,tv ini baru dua bulan bapak itu beli,kupikir ada solderan yang longgar,ternyata ga ada semua solderan baik baik saja,setelah saya cek pada kaki output KIA78R09PI.kaki no 1 jln msk tegangan ada bgs .kaki no 2,seharusnya keluar tegangan 9volt tpapi tdk keluar tegangan dan kaki no 4 seharusnya keluar 5 volt.juga tdk ada,sedangkan kaki no 3 adalah ground.setelah pergantian i c regulator KIA 78R09 TV KEMBALI NORMAL;………YA BAYARAN.. LAGI

TV LG TURBO RF-21CA21E
awalnya saya kira akan terjadi perang besar antara saya dengan tuh tv LG ehhhh ternyata….! Siang ini dapet servis Tv di rumah.
Tv LG Turbo Champ type RF-21CA21E,yang menggunakan IC single type TDA9381PS/N2/3/0472 -01CTMPH004A,kerusakan tv ini bila baru di hidupkan suara normal tapi gambar lambat munculnya,sementara gambar hanya blank hitam,padahal H/T juga sudah menyala,bila potensio screen di buka layar juga sudah memberikan respon dengan munculnya garis blanking,tetapi setelah beberapa menit gambar bisa muncul,hanya saja dalam kondisi berkedip dulu(bukan bergoyang lho hhhhhhh…)setelah berkedip beberapa saat,barulah keluar gambar tapi disisi atas terdapat garis-garis lidi kurng normal.
Ternyata kerusakannya pada rangkaian vertikalnya,tepatnya pada C304 senilai 100uf/35V,setelah penggantian komponen tersebut,baru tv bisa normal oke sukses buat semua….

TV LG 21FU1RL MATI TOTAL
Pagi tadi dapat servisan TV LG LAYAR DATAR TIPE 21FU1RL,dengan kerusakan mati total.lampu power/led tidak menyala sama sekali.langkah pertama saya buka tutup tv,pasang AVOMETER CEK tegangan input dan begitu di on saklar power langsung terdengar bunyi berderit rari trafo smps/switching.ternyata smps mendapatkan beban over/beban terlebih,maka diakan pengecekan pertama pasang tester hitam kekaki kolektor horisontal dan tester merah ke kaki basis dan emitor pada skala x1.jarum ada bergerak 1/4 dari skala bacaan pada avometer,klu begitu ada short antara kolektor dengan basis/emitor.supaya hasilnya lebih pasti komponen apa yang rusak saya buka solderan TR HOT,setelah tercabut ukur dengan skala x1k,ternyata TR HOT jebol/short,jangan lupa sekalian cek capacitor mylar 183/2000V,Biasanya nilai komponen ini sering berubah nilainya mendekati nol yang mengakibatkan tr hot jebol….setelah pergantian 2 komponen yaitu tr hot C 6090 dan capacitor keramik/mylar 183/2KV,AKHIRNYA TV KEMBALI NORMAL….
Miang99

TRANSISTOR JEBOL TERUS
Kali ini saya akan menuliskan pengalaman pribadi sebagai tehnisi.sering kali dapat servisan tv Dengan kerusakan HOT SHORT.begitu di ganti cuma bertahan 1/2hari.biasanya saya putuskan jalur kaki flyback ke colektor kemudian pasang R 0,56ohm 1watt.di jalur yang di putus….ok semoga bermanfaat

Sumber :  http://servisotodidak.wordpress.com/
Memperbaiki Tv Toshiba
Terima Kasih telah berkunjung ke blog yang sederhana ini, semua isi postingan dari blog ini adalah pengalaman servis saya sebagai seorang teknisi elektronik sebagian lagi saya copas dari pengalaman teman-teman yang lainnya, isi dari keseluruhan blog ini memang sengaja saya kumpulkan disamping berguna untuk saya pribadi begitu juga buat teman-teman agar bisa menambah wawasan kita dalam hal servis elektronik, akhir kata " SALAM SUKSES SELALU”






mengatasi kerusakan tv yg biasa ditemukan:

SETTING SERVICE MENU
Model: 28W23B
Masuk Service Mode
Tekan tombol menu lalu tekan  4 7 2 5

Model: 198X6M
Tegangan Horizontal output kecil
Periksa kapasitor C403 dan C408 (keduanya 50V) Nilai kedua kapasitor ini sering berubah.

STANDBYModel: 28WD98B
Penyebab : Tegangan 16 volt turun menjadi 8 volt
Solusi : Ganti C872 (220uF, 50V).

DISTORSI GAMBAR VERTICALModel: 215R8N
Solusi : Ganti c317 di CCT vertikal (2.2uf, 50V) dengan 4.7uF . Kalo bisa ganti yang 105 º

Model: 219T9B
Intermiten Berubah setelah beberapa jam
Ganti chip IC303 (AN5515)

Model: 145R7B
Mati total
D808 s c / HT tinggi karena IC (STR50020) rusak

SUARA TIDAK NORMALModel: 210T6BZ
Penyebab : Tegangan pada C832 lebih dari 25V
Solusi : Ganti Q809, C866, C869, C864 dan resolder modul PSU


E / W TIDAK NORMALModel: 3798DG (Chassis C8SS)
Solusi : Ganti dioda peredam D461 (ERC20-06)

REMOTE TIDAK RESPON
Model : 20A1E
Penyebab : TV normal, remote tidak respon.
Solusi : Ganti sensor remote
IC program = TMP87ck38N-3560


SUARA SERAK HILANG ( SETELAH DINYALAHKAN BEBERAPA MENIT )
Model : 2104XS
Penyebab : Sewaktu tv dinyalahkan gambar dan suara normal, setelah beberapa menit suara tiba-tiba hilang menjadi serak pecah walaupun volume suara sampai full ( suara kecil tetap serak pecah ) gambar tetap normal.
Solusi : buka solderan kaki IC TDA2611A kemudian bersihkan dengan thinner dan kaki IC dikorek dengan cutter sampai bersih, kemudian pasang kembali dan solder, tv dihidupkan dan suara langsung normal kembali

WARNA BERGESER
Model : Dramatic Vision
Penyebab : IC regulator STR Z2154 lemah
Solusi : Ganti STR Z2154 dan elco dekat regulator output

VOLUME SUARA KECIL
Model : A3DE
Penyebab : Transistor Q612 Type A1266
Solusi : Ganti transistor yang baru





Setelah dua hari kemarin saya memperbaiki TV tidak ada yang berhasil, akhirnya hari ini service TV Toshiba mati kadang-kadang dan berhasil saya perbaiki. Awalnya saya kira televisi tersebut mengalami kerusakan power supply yang lumayan parah, karena kalau saya lihat modelnya adalah televisi Toshiba yang sudah berumur tua.
Kerusakannya adalah kalau sudah panas mati kadang-kadang, jadi kalau televisi sudah dihidupkan sekitar satu jam maka perlahan-lahan TV akan mati. Pemilik TV juga mengeluhkan kalau menu OSD pada layar tidak dapat hilang dan muncul tulisan Factory.
Kesimpulan saya selain rusak power, televisi tersebut juga mengalami error pada bagian program atau OSD menu, sehingga yang muncul adalah factory menu yang merupakan OSD menu untuk settingan awal di pabrik.
Namun setelah televisi saya buka, ternyata saya mendapat kejutan yang tidak disangka. Yang ber-merek Toshiba hanyalah covernya saja, sedangkan dalaman TV sudah diganti dengan
mesin televisi China. Tentu saja hal ini malah memudahkan saya, karena secara otomatis berarti mesinnya tidak jadul-jadul amat. Jadi masih mudah dalam mencari kerusakannya.
Dan ternyata benar, kerusakan mati kadang-kadang saya atasi dengan melakukan solder ulang pada bagian power suppy dan mengganti capasitor/ elco B+ dengan nilai 150uF/ 200volt. Sedangkan masalah menu factory yang tidak mau hilang, ternyata hal tersebut dapat di atasi dengan melakukan setting pada 
remote control dari mesin TV China yang saya bawa.
Jadi begitulah kerusakan televisi yang saya dapatkan hari ini, tidak sesulit hari kemarin. Dan saya-pun mengakhiri aktifitas di dunia elektronika serta beriap-siap melanjutkan aktifitas ngeblog. 


TV TOSHIBA 34″ kena petir.
Tekan tombol power led indikator menyala dan tv bisa hidup tapi hanya menyala putih redup menyempit kecil seperti kurang tegangan.
Setelah pengecekan benar tegangan B+ terukur hanya 50v dan otomatis yang lainnya ikut drop.
Pikirku pasti kena IC program TMPC538N-3625IC…?????
Agar tidak terjadi kesalahan saya cek kembali IC program, saya cari pin power dan ketemu pada pin 7.
Sambil tekan power di remot diukur ternyata Power on/off masih bekerja.
Dilanjutkan penelusuran pin POWER dan tersambung dengan IC Hybride HIC 1016.
Setelah penggantian IC tersebut Alhamdulillah TV sudah bisa kembali menyala.
Kerusakan seperti ini juga bisa disebabkan IC optocoupler rusak.

Sebenarnya kerusakan televisi Toshiba 21 Inch ini bukan hal yang baru, penyebab utamannya juga karena listrik PLN yang kurang stabil bahkan cenderung kekurangan tegangan. Akibat yang sering terjadi adalah pada bagian ACmatic yang terbakar, sehingga kalau TV dicolok ke listrik, maka meteran akan turun dan listrik padam.

Kerusakan yang seperti ini akan sangat membuat panik si pemilik, karena saat mereka menyalakan TV mendadak listrik mati, ini tentu bukan hal yang baik. Saya sering memperbaiki hal yang seperti ini, yang paling parah harus mengganti banyak komponen di daerah power supply, dan yang kemarin baru kejadian ternyata solusinya lebih ringan.

Televisi Toshiba tersebut kalau dinyalakan akan membuat listrik turun atau mati lampu, dan selanjutnya setelah MCB pada meteran dihidupkan, TV dapat terus menyala normal. Jadi yang berat hanya pada saat tegangan starting atau angkatannya saja.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sangat sederhana. Cukup ditambahkan satu unit inverator TV seharga 17 ribu, maka TV tidak lagi akan menyebabkan listrik turun. Bisa juga dengan cara menambahkan tahanan secara langsung pada bagian input ACmatic didalam TV. 

TV Toshiba Bomba OSD / Display tidak muncul.?
Saya ada kasus TV Toshiba Bomba 21", gambar normal, tetapi display (seperti menu, channel, volume) tidak muncul, semua tombol normal. kira2 kerusakan nya apa ya, IC sudah diganti tapi tetap tidak berhasil?
Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
Periksa rangkaian vertikal, seluruh jalur v-sync dan h-sync..
Jawaban Lain (1)
betul coba periksa rangkaian vertical and horisontalnya juga sepertinya ada r atau diode yang ngedrop.
materi referensi:
pengalaman

TV TOSHIBA Dramatic V Mati Standby
 Bulan-bulan tv jadul pada rewel,suatu hari dapet servisan tv Toshiba yang bikin geregetan rasanya,udah ketemu biang kerok yang satu,muncul biang yang satunya lagi aduuuuuuuuh...........nasib-nasib!! Maklum tv ini memang tv jadul chassis Ground nya masih nyetrum hehehehehe.......... TV Toshiba ini bertype 1435XNE menggunakan aisy kroma TA8808BN,aisy program type TMP47C634N-R577,aisy vertikal TA8403,dan STR D4512 dengan kerusakan tv hanya hidup dalam keadaan standby saja di sertai dengan bunyi denging lirih pada trafo SMPSnya,di pencet tombol PROG -/+ nggak berpengaruh sama sekali alias mbegegeg ugeg-ugeg tak bergeming wakakakaka..........Biang kerok pertama sudah ketemu sumbernya yaitu R837= 82K yang terhubung dengan Q803=C2383 yang berfungsi untuk memberi tegangan pada pin H vcc aisy TA8808BN nya. Sampai di sini tv pun pun belum mau start,hanya suara dari trafo SMPSnya yang mulai agak kasar dengingannya,walah walah apalagi ini......haduuuuuuh!!!! Saya coba ganti aisy regulator berkaki lima 78MR05 nya juga nggak ada efek sama sekali,byuh....byuh....byuh...mentolo banting wae tv iki! remuk-remuk kowe huuuuh.....!  
Akhirnya aji-aji perang gerilya pun di gelar lagi,saya putuskan untuk memeriksa semua R,D,ZD,dan transistor di area regulator dan output regulator,secara satu per satu step by step alias siji siji hehehehe......walhasil sampailah pada Transistor Q841=A1320 yang terukur ternyata keluar dari jalur semestinya,kaki kolektor transistor ini terhubung dengan pin 52=X-RAY dari aisy kroma setelah melewati R410=150K.Akhirnya langsung tancap gas beli ke toko electronic terdekat,di Barokah Elektronik nggak ada,di Candra Elektronik nggak ada juga,telpon ke Teguh Rahayu Ngawi barang sudah habis,walah cilekek iki,mau nggak mau akhirnya langsung meluncur ke Kota Madiun ke toko Jaya Elektronik selatan pasar Sleko,di situ juga nggak ada,waduh tambah puyeng nih,lalu meluncur ke selatan ke toko Sinar Baru Elektronik,Alhamdulillah di sini stock masih sak tumpuk hahaha.....langsung borong saja buat stock piyambak. 
Sesampainya di tempat langsung pasang aja tuh transistor dan siap di tes dan M@K BYAAAK......SUKSES juga akhirnya,tv langsung hidup dengan normal,suara denging dari trafo SMPS juga langsung hilang,fiiiuuuuhh.....nggak sia-sia deh pengorbananku! OKE REKAN-REKAN SELAMAT BERKORBAN DAN BERJUANG!!!

TV TOSHIBA Flat mati total
  TV Toshiba Flat 15CZ5E1 kerusakan mati total setelah di cek sekering putus dan penyebabnya adalah STRW5753A koslet. Setelah diperiksa dengan seksama ternyata penyabab rusaknya STR tsb adalah C471 2KV kelihatan agak meletek walau tidak terlalu tampak, kelihatan hampir biasa aja seperti tidak rusak. Pada rangkaian ini ada 2 C 471 2KV di paralel yang terletak pada pin 1 ( Col ) ke ground. Setelah STR dan C diganti tv pun langsung OK..!!!
Kerusakan lain sering terjadi pada TV Toshiba yaitu pada PTC yang mengakibatkan putusnya sekering atau  turunnya MCB pada meteran listrik.




DATA PIN DAN PERSAMAAN PLYBACK TV ( FBT )
DATA PIN FLYBACK
154-064P (goldstar14")
154-177B (goldstar21")
FCK-14B047 (akari14")
c _ 180v _ b+ _ gnd _ 16v _ 24v _ 40v _ abl _ htr _ afc.
6174Z-8005C (LG 20")
c - 180 - b+ - gnd - nc - 24 - gnd - abl - ht -afc.
154-064G (goldstar14")
154-177E untk (goldstar20")
c - 180v - b+(92v) - boost up - 24v - 12v - gnd - abl - htr - afc.
154 - 132A (intel)
154 - 132C
6174V - 600H (LG 21")
6174Z - 6040C (LG 21")
BSC 23 - N0107 (LG 14")
c _ 40v _ 16,5 _ htr _ gnd _ b+ _ 180v _ gnd _ abl _ 40v
154 189 C
154 189 H
154 277 C
BSC 22-2314 H
CF 0801-3701
FCM 20B027
c _ b+ _ 180v _ 16v _ 24v _ htr _ gnd _ abl _ afc _ nc.
6174V-6002U (LG 21")
BSC 26-N2121(N) (LG 21")
c - 180v - b+ - gnd - 12v - 26v - nc - abl - ht - afc
BSC 65 A (changhong)
c _ b+ _ 190v _ gnd _ nc _ nc _ 14,5v _ abl _ htr _ afc.
BSC 22-01N401
BSC 22-01N402
BSC 22-01-06
BSC 22-0201
BSC 22-2314B
BSC 23-4404A
BSC 23-14H
BSC 24-14L
BSC 24-01N36
BSC 24-01N362
BSC 24-01N362B
BSC 24-08A
BSC 24-09G
BSC 25-48
BSC 25-4803
BSC 25-4803F
BSC 25-4803T
BSC 25-N0803A
BSC 25-Z601A
c _ b+ _ nc _ afc _ gnd _ htr _ abl _ nc.
BSC 25-2678S (konka K2169TC)
c _ 200v _ b+ _ gnd _ afc _ 16v _ abl _ ht _ nc _ nc
BSC 24-01N4014K (china)
BSC 25-01N4010GA (14")
BSC 25-05N2110A
BSC 25-0909
BSC 25-09N20E
BSC 25-09N21A
BSC 25-1003A
BSC 25-1194D024 (14")
BSC 25-2108A
BSC 25-4813P (cina multy)
BSC 25-N1003A-4-R (21")
BSC 25-T1010A
BSC 25-Z603F (21")
BSC 26-0221 (29")
Tep _ c _ tep _ b+ _ tep _ tep _ gnd _ htr _ abl _ 180v.
DCF 2217 J
c _ b+ _ afc _ boost-up _ 16,5 _ 24 _ abl _ gnd _ 200v _ htr.
F 0101 KM-SA (sharp 14R20 14")
F 0102 KM-SA (sharp 20R20B, 20R200, 51R200)
F 0141 PE-M
F 0147
c _ b+ _ gnd _ 24V _ 16V _ afc _ 180V _ gnd _ ht _ abl
F 0122 PE-M (sharp 20Q250)
c _ b+ _ 24V _ 16V _ nc _ afc _ gnd _ ht _ 180V _ abl
F 0193 PEN1-SA (sharp 14U15)
c _ b+(115) _ gnd _ 40V _ 12V _ afc _ 180V _ gnd _ ht _ abl
F 0194 PEN1-SA (sharp 20R200MKII, 51U200, 20W200)
F 2037 PE-B (sharp 20AG2-S)
c _ b+ _ gnd _ 40V _ 16V _ afc _ 180V _ gnd _ ht _ abl
F 094
FA 061 WJ-SA (sharp 51X200)
c _ b+(130V) _ gnd _ 24V _ 12V _ afc _ 185V _ gnd _ ht _ abl
FA 113 WJ-B (sharp 51DXF250E)
c _ b+ _ gnd _ 24V _ nc _ afc _ 180V _ gnd _ ht _ abl
FA 122 WJ-B
c _ b+(130V) _ gnd _ 24V _ nc _ afc _ 180V _ gnd _ ht _ abl
FA 011 WJ-B (sharp)
c _ b+ _ gnd _ 24V _ 16V _ afc _ 180V _ nc _ ht _ abl
FA 060 WJ-SA (sharp 14S20MKII)
c _ b+ _ gnd _ nc _ 12V _ afc(-12V) _ 180V _ gnd _ ht _ abl
FCG 2045 BL
afc - 16,5v _ htr _ boost-up _ B+83v _ gnd _ nc _ c _ abl _ 175v _ 24v
FCK 1411 L 01
FCM 14A025
c _ boost-up _ abl _ b+ _ gnd _ 180v _ 24V _ htr _ afc _ 16,5v.
FCK 14A006 (14")
FCM 2015HE (21")
FCM 14A032 (21")
FTK 21R002 (21")
KFS 60844A (21")
nc _ nc _ gnd _ 180 _ 15v _ ht _ 24 _ abl _ b+ _ c
FCM 14B014N (polytron 14")
FCM 20B061N (polytron 21")
c _ b+ _ gnd _ 185 _ nc _ htr _ nc _ abl _ +12 _ -12.
FUH29VH02 (polytron29)
c _ b+ _ gnd _ 185v _ nc(16v) _ htr _ nc _ abl(bcl) _ 12v _ 12v
FSV 20A001 (samsung)
FCK 14A033
FSV 14A001
c _ b+125v _ abl _ nc _ gnd _ 185 _ 46 _ htr _ nc _ 16,5
FTK-14A004P (samsung)
c _ b+125v _ abl _ nc _ gnd _ 180v _ 24v _ htr _ afc _ 16,5.
FUY-20C009 (akari)
c _ 180 _ b+ _ gnd _ nc _ 24 _ nc _ abl _ htr _ afc.
FCG 2045 BL
afc _ 16,5v _ htr _ boost-up _ b+83v _ gnd _ nc _ c _ abl _ 175v _ 24v.
HTF2904
c _ b+ _ 24v _ 16v _ gnd _ htr _ grnd _ afc _ nc _ 180v
FSA 16012M
DCF 2077A
DCF 1577
FSA 16012M
c _ b+ _ afc _ boost-up _ 16,5 _ abl _ 25v _ gnd _ 185v _ htr.
JF 0501-1206
c _ b+ _ 180v _ 16v _ 25v _ htr _ gnd _ abl _ afc _ nc.
JF 0601-19577 (polytron 21'' MX5203R)
c _ b+ _ gnd _ 200v _ nc _ htr _ nc _ abl _ +12 _ -12.
JY 0301-0206 (china 29")
c _ b+ _ nc _ afc _ gnd _ Htr _ abl _ tep _ tep _ tep
K 148 TC
c _ 180v _ b+ _ gnd _ afc _ 16v _ abl _ htr _ nc _ nc.
MC FBC-015
LCE CF0854
c _ b+ _ gnd _ afc _ 185 _ htr _ 25 _ 15 _ gnd _ abl.
8-598-858--00 (sony KV-PG21P70)
8-598-811
c _ b+135v _ 200v _ htr _ gnd _ -16,5(vertkl) _ Gnd(vertkl) _ +16,5(vertkl) _ nc _ abl
goldstar
BSC25-Z305A
BSC25-Z3201
FCM20B058
154-064
154-177B
1=HOT 2=180V 3B+ 4=GRND 5=16V 6=24V 7=40V 8=ABL 9H/T 10=AFC
FCG 2045BL
BSC 24-0406D
1=HOUT 2=180V 3=B+ 4=GRND 5=24V 6=16V 7=ABL 8=H/T 9=NC 10=NC
154-138K
1=190V 2=NC 3=HOUT 4=AFC 5=B+ 6=43V 7=ABL 8=GRND 9=12V 10=H/T
BSC 22-2314H
154-189C
JF 0501-1206
1=HOUT 2=B+ 3=180V 4=16V 5=26V 6=H/T 7=GRND 8=ABL 9=AFC 10=NC
BSC 24-01N4004U
1=HOUT 2=B+ 3=+13V 4=-13V 5=GRND 6=H/T 7=AFC 8=ABL 9=NC 10=NC
6174Z-8040C
1=HOUT 2=185V 3=B+ 4=GRND 5=-14V 6=+14V 7=GRND 8=ABL 9=H/T 10=AFC
MC-FBC-015
LCE CF 0854
1=HOUT 2=B+ 3=GRND 4=AFC 5=185V 6=H/T 7=25V 8=15V 9=GRND 10=ABL
CHINA :
BSC25-4813
BSC 25-N0301CY
BSC 25-1003A
BSC 25-Z603F
BSC 25-09N20ER
BSC 25-N0312A
BSC 25-T1010A
BSC 24-N40G1
BSC24-01N4001M
1=TP 2=HOUT 3=TP 4=B+ 5=TP 6=TP 7GRND 8=H/T 9=ABL 10=180V
CHINA :
BSC 25-4803T
BSC 25-4804TC
BSC 25-03F69F
BSC 25N1616T
BSC 25-03P79
BSC 25-N0449
BSC 24-01N36
BSC 23-N0124R
BSC 22-01016H
BSC 25-0236
BSC 25-03P79
BSC 25-N0803A
BSC 22-N65T
BSC 25-0251
BSC 25-3604V
L 40B10602
1=C.2=B+.3=NC.4=AFC.5=GRND.6=H/T.7=ABL.8=TP
SHARP :
F0101KM-SA
F0141PE-M
F0102KM-SA
F094
FA061WJ-SA
FA060WJ-SA
FA135
F0147
BSC-250216F
FA093WJ-SA
1=hout 2=B+ 3=ground 4=24vol 5=16vol 6=afc 7=180vol 8=grn 9=h/t 10=ABL
FO193PEN1-SA
1=hout 2=B+ 3=ground 4=45vol 5=16vol 6=afc 7=180vol 8=grn 9=h/t 10=ABL
KONKA :
BSC 25-0106
BSC 25-2678S
JF 0501-19188
1=C 2=180VOL 3=B+ 4=GRND 5=AFC 6=16VOL 7=ABL 8=H/T 9=NC 10=NC
FCM 2015HE
FCM 14A032
C _ B+ _ Abl _ 24v _ Heater _ 16v _ 180v _ Gnd _ Nc _ Abl
SAMSUNG :
FCA173 el
FOK 14A001
HR8628
FSV14A001
FSV14A004
CHINA BRAIND :
BSC24-014001D
BSC25-N0321
BSC25-N1534
BSC25-N1634
BSC25-Z1003
BSC25-Z2705
BSC25-Z2706
BSC25-N0313
1=H1 2=H 3=H2 4=B+110 5=H3 6=H4 7=GND 8=HT 9=ABL 10=AFC
TCL :
BSC 25=0252S
1=C.2=B+.3=NC.4=NC.5=NC.6=AFC.7=GRND.8=ABL.9=200VOL.10=H/T
TCL :
JF0501-1619
BSC25-0299D,
185V _H+_AFC_B+_16V_24V_ABL_GND_NC_H/T
POLYTRON :
JF0501-19577
H_B+_GRND_+VID_+VID_H/T_NC_BCL_12VOL_HSINC-12VOL
(Samsung)
FSV 14A001
FSV 20A001
FCK 14A033
FCV 20A001
16,5V_NC_H_46V_185V_GROUND_NC_ABL_B+125V_COL
154-064P (Goldstar)
154-177B
FCK 14B047 (Akari)
COL_185V_B+_GROUND_16V_24V_40V_ABL_H_AFC
154-064G (Goldstar)
154-177E
COL_180V_92V_125VBOOST_24V_12V_GROUND_ABL_H_AFC
FCM 14A025 (Samsung, Blaupunkt)
FCM 1411L01
16,5V_AFC_H_24V_180V_GROUND_B+90V_ABL_125VBOOST_COL
DCF 1577 (Daewoo, Mitsuba)
DCF 2077
FSA 16012M
COL_B+_AFC_125VBOOST_16,5V_ABL_24V_GROUND_180V_H
FTK 14B011 (Aiwa)
COL_B+_25V_GROUND_180V_H_ABL_GROUND_AFC_15V
FCK 1411E10A (Etron)
190V_COL_NC_B+_NC_24V_ABL_GROUND_15V_H
JF 0208-0208C (Solitron)
COL_B+_GROUND_185V_H_ABL_GROUND_15V_AFC_24V
JF 0208-0210B (Sansui)
JF 0501-0501
COL_B+_180V_14V_24V_H_GROUND_ABL_AFC_NC
FCM 14B014N (Polytron, Digitec)
FCM 20B061N
JF 0601-19577
COL_B+_GROUND_200V_NC_H_NC_ABL+12v_-12v
JF 0501-1206 (Sansui)
COL_B+_180V_16V_25V_H_GROUND_ABL_AFC_NC
L40B17100 (Sanyo)
COL_B+_NC_180V_AFC_GROUND_ABL_NC_H_GROUND
L40B09000 (Sanyo)
COL_B+_NC_AFC_GROUND_H_ABL_16V_NC_180V
L40B05500 (Sanyo)
COL_B+_NC_AFC_GROUND_H_GROUND_NC_NC_ABL
L40B09001 (Sanyo)
COL_B+_NC_AFC_GROUND_H_ABL_NC_NC_180V
6174Z-6040C (LG)
BSC 23-N0107
COL_185V_B+_GROUND_-14V_+14V_GROUND_ABL_H_AFC
BSC 24-08B (Tv China)
BSC 24-01N362
BSC 25-4803
BSC 25-N1616
BSC 25-0106
COL_B+_NC_AFC_GROUND_H_ABL_NC
BSC 25-T1010A (Tv China)
BSC 24-01N4014K
BSC 25-09N21A
BSC 25-09N20E
TEP_COL_TEP_B+_TEP_TEP_GROUND_H_ABL_180V
BSC 60HZ (Changhong)
COL_B+_190V_GROUND_11V_16V_45V_ABL_H_AFC
BSC 24-2231HC (Panda)
COL_B+_46V_16V_GROUND_AFC_ABL_H_180V_NC
BSC 65A (Changhong)
COL_B+_190V_GROUND_NC_NC_14,5V_ABL_H_AFC
TFB 4067BD (Toshiba)
TFB 4125CH
TFB 4122HY/ES/CS/DY
BSC 23-N0102
COL_B+_185V_GROUND_NC_24V_12V_ABL_H_AFC
FCK 14A028 (Fuji Electric)
NC_B+_14V_24V_H_GROUND_ABL_180V_B+_COL
154-189C (Fuji Electric)
154-277C
FCM 20B027
COL_B+_180V_14V_22V_H_GROUND_ABL_AFC_NC
FUY 20C009 (Akari)
COL_180V_B+_GROUND_NC_24V_NC_ABL_H_AFC
FCK 14A006 (Digitec, Polytron, OK)
FCM 2015HE
FCM 14A032
KFS 60844A
NC_NC_GROUND_185V_15V_H_24V_ABL_B+_COL_
154-138K (Etron)
154-182H
190V_NC_COL_AFC_B+_43V_ABL_GROUND_12V_H
CF 0801 (Fujitec)
COL_B+180V_15V_24V_H_GROUND_ABL_NC_NC
CF 0854 (Fuji Electric, Siera)
CF 0582
COL_B+_GROUND_AFC_185V_H_25V_15V_GROUND_ABL
FSA 28027M (Fuji Electric)
COL_NC_NC_123V_12V_ABL_25V_GROUND_185V_H
BSC 24-01N4009A (Tv China)
COL_NC_B+_GROUND_NC_TEP_NC_ABL_H_AFC
BSC 22-2314H (Fujitec)
COL_B+_180V_15V_24V_AFC_GROUND_ABL_NC_NC
BSC 22-01N40J (Tv China)
COL_180V_115V_GROUND_22V_16V_ABL_H_NC_NC
F 0193 PEN1-SA (Sharp)
F 0194 PEN1-SA
COL_B+_GROUND_42V_12V_AFC_185V_GROUND_H_ABL(cat: teg 12v pada FBT F0194= 16V)
F 0042PE-M (Sharp)
15V_COL_24V_B+_ABL_AFC_GROUND_NC_180V_H
F 0063PE-M (Sharp)
F 0067PE-M
COL_B+_24V_12V_NC_AFC_GROUND_H_185V_ABL
F 0102KM-SA (Sharp)
COL_B+_GROUND_24V_14V_AFC_180V_GROUND_H_ABL
FA 060WJ-SA (Sharp)
COL_B+_GROUND_NC_12V_(AFC/-12V)_185V_GROUND_H_ABL
FA 061WJ-SA (Sharp)COL_(B+130V)_GROUND_24V_12V_AFC_185V_GROUND_H_ABL
FA 113WJ-B (Sharp)COL_B+_GROUND_24V_NC_AFC_180V_GROUND_H_ABL
FA 122WJ-B (Sharp)COL_(B+130V)_GROUND_24V_NC_AFC_180V_GROUND_H_ABL
FTK 14A004P (Samsung)
16,5V_AFC_H_24V_180V_GROUND_NC_ABL_(B+125V)_COL
154-279C (Siera, Fuji Electric)
COL_(B+135V)_200V_GROUND_GROUND_25V_16V_ABL_H_NC
BSC 25-N0363 (LG 21FU6RL/Pearl Black)
COL_180V_B+_GROUND_INNER_26V_NC_ABL_H_AFC
8-598-858-00 (Sony)
8-598-11
COL_B+_200V_H_GROUND_-16,5V_GROUND_+16,5V_NC_ABL
QQH0132-001 (JVC AV-1438)
COL_B+_40V_NC_25V_GROUND_H_ABL_180V_GROUND
JF 0501-19539 (Polytron MX5262RF/Zepelin)
COL_B+_GROUND_185V_NC_H_25V_ABL_12V_Hpulse
BSC 25-1194D030 (SANKEN)
FSV 20A099
16,5V_24V_H_46V_180V_GROUND_NC_ABL_B+125V_COL
FTK 14A004F(S) (SAMSUNG)
16,5V_24V_H_-16,5V_185V_GROUND_NC_ABL_B+125V_COL
8-597-041-20 (SONY KV-LS21M61)
COL_B+_200V_H_GROUND_(-13V)_GROUND_(+13V)_NC_ABL
FUH 29VH04 (POLYTRON PS30UV25BM) U-SLIM
COL_B+(135)_GROUND_185V_NC_H_BCL_+12V_-12V
JF0501-32611 (SANYO CG21SF1T) FLAT 21COL_B+(125)_NC_185V_AFC_ABL_ABL_NC_H_GROUND

42 comments:

  1. mau nanya pak, fbt tv 21 josan tipe brp ya? tulisan nya udah ilang dibody fbt. trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat dibawah ini cocokin yang mana tegangan di kakinya yang sama. muda2han ada kodenya disini;
      DATA PIN DAN PERSAMAAN PLYBACK TV ( FBT )
      DATA PIN FLYBACK
      154-064P (goldstar14")
      154-177B (goldstar21")
      FCK-14B047 (akari14")
      c _ 180v _ b+ _ gnd _ 16v _ 24v _ 40v _ abl _ htr _ afc.
      6174Z-8005C (LG 20")
      c - 180 - b+ - gnd - nc - 24 - gnd - abl - ht -afc.
      154-064G (goldstar14")
      154-177E untk (goldstar20")
      c - 180v - b+(92v) - boost up - 24v - 12v - gnd - abl - htr - afc.
      154 - 132A (intel)
      154 - 132C
      6174V - 600H (LG 21")
      6174Z - 6040C (LG 21")
      BSC 23 - N0107 (LG 14")
      c _ 40v _ 16,5 _ htr _ gnd _ b+ _ 180v _ gnd _ abl _ 40v
      154 189 C
      154 189 H
      154 277 C
      BSC 22-2314 H
      CF 0801-3701
      FCM 20B027
      c _ b+ _ 180v _ 16v _ 24v _ htr _ gnd _ abl _ afc _ nc.
      6174V-6002U (LG 21")
      BSC 26-N2121(N) (LG 21")
      c - 180v - b+ - gnd - 12v - 26v - nc - abl - ht - afc
      BSC 65 A (changhong)
      c _ b+ _ 190v _ gnd _ nc _ nc _ 14,5v _ abl _ htr _ afc.
      BSC 22-01N401
      BSC 22-01N402
      BSC 22-01-06
      BSC 22-0201
      BSC 22-2314B
      BSC 23-4404A
      BSC 23-14H
      BSC 24-14L
      BSC 24-01N36
      BSC 24-01N362
      BSC 24-01N362B
      BSC 24-08A
      BSC 24-09G
      BSC 25-48
      BSC 25-4803
      BSC 25-4803F
      BSC 25-4803T
      BSC 25-N0803A
      BSC 25-Z601A
      c _ b+ _ nc _ afc _ gnd _ htr _ abl _ nc.
      BSC 25-2678S (konka K2169TC)
      c _ 200v _ b+ _ gnd _ afc _ 16v _ abl _ ht _ nc _ nc
      BSC 24-01N4014K (china)
      BSC 25-01N4010GA (14")
      BSC 25-05N2110A
      BSC 25-0909
      BSC 25-09N20E
      BSC 25-09N21A
      BSC 25-1003A
      BSC 25-1194D024 (14")
      BSC 25-2108A
      BSC 25-4813P (cina multy)
      BSC 25-N1003A-4-R (21")
      BSC 25-T1010A
      BSC 25-Z603F (21")
      BSC 26-0221 (29")
      Tep _ c _ tep _ b+ _ tep _ tep _ gnd _ htr _ abl _ 180v.
      DCF 2217 J
      c _ b+ _ afc _ boost-up _ 16,5 _ 24 _ abl _ gnd _ 200v _ htr.
      F 0101 KM-SA (sharp 14R20 14")
      F 0102 KM-SA (sharp 20R20B, 20R200, 51R200)
      F 0141 PE-M
      F 0147
      c _ b+ _ gnd _ 24V _ 16V _ afc _ 180V _ gnd _ ht _ abl
      F 0122 PE-M (sharp 20Q250)
      c _ b+ _ 24V _ 16V _ nc _ afc _ gnd _ ht _ 180V _ abl
      F 0193 PEN1-SA (sharp 14U15)
      c _ b+(115) _ gnd _ 40V _ 12V _ afc _ 180V _ gnd _ ht _ abl
      F 0194 PEN1-SA (sharp 20R200MKII, 51U200, 20W200)
      F 2037 PE-B (sharp 20AG2-S)
      c _ b+ _ gnd _ 40V _ 16V _ afc _ 180V _ gnd _ ht _ abl
      F 094
      FA 061 WJ-SA (sharp 51X200)
      c _ b+(130V) _ gnd _ 24V _ 12V _ afc _ 185V _ gnd _ ht _ abl
      FA 113 WJ-B (sharp 51DXF250E)
      c _ b+ _ gnd _ 24V _ nc _ afc _ 180V _ gnd _ ht _ abl
      FA 122 WJ-B
      c _ b+(130V) _ gnd _ 24V _ nc _ afc _ 180V _ gnd _ ht _ abl
      FA 011 WJ-B (sharp)
      c _ b+ _ gnd _ 24V _ 16V _ afc _ 180V _ nc _ ht _ abl
      FA 060 WJ-SA (sharp 14S20MKII)
      c _ b+ _ gnd _ nc _ 12V _ afc(-12V) _ 180V _ gnd _ ht _ abl
      FCG 2045 BL
      afc - 16,5v _ htr _ boost-up _ B+83v _ gnd _ nc _ c _ abl _ 175v _ 24v
      FCK 1411 L 01
      FCM 14A025
      c _ boost-up _ abl _ b+ _ gnd _ 180v _ 24V _ htr _ afc _ 16,5v.
      FCK 14A006 (14")
      FCM 2015HE (21")
      FCM 14A032 (21")
      FTK 21R002 (21")
      KFS 60844A (21")
      nc _ nc _ gnd _ 180 _ 15v _ ht _ 24 _ abl _ b+ _ c
      FCM 14B014N (polytron 14")
      FCM 20B061N (polytron 21")
      c _ b+ _ gnd _ 185 _ nc _ htr _ nc _ abl _ +12 _ -12.
      FUH29VH02 (polytron29)
      c _ b+ _ gnd _ 185v _ nc(16v) _ htr _ nc _ abl(bcl) _ 12v _ 12v

      Delete
  2. mau nanya mas, tv polytron cinemax saya g mau hidup, biasanya kalo dicolokin kestop kontak kan lampu indikator di monitor kedip2 dulu baru nyala terus (stand by) ini kok bila dicolokin langsung nyala terus tidak berkedip dulu,, dan g bisa dinyalain walau sudah dr remote/tombol power di tv nya langsung, mohon jawaban kira2 rusak dibagian apa n mohon solusinya, makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek teg b+ setiap output regulator sampai ke ic prog/osc b+5v normal klo tidak kluar cek R, cap atau zener sekitar reg driver.

      Delete
  3. Mas mau tanya klo tv multimax mati stanby ga mau start knp yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih stanby karna sistem proteknya, untuk mengetahui harus lepas dulu proteknya 1uf 50 v dekat IC vertikal lalu ukur teg di setiap blok, ic program b+5v normal

      Delete
  4. Numpang tanya pak ya, saya punya LED TV merek LG 39", saya beli kira2 2 tahun yang lalu. Sekarang muncul bright spot, tadinya ada 3 sekarang jadi 4, jadi gambar yang kena kelihatan lebih jelas seperti kena lampu senter. Saya sudah melakukan tindakkan dengan pixelrepairer tool(untuk dead pixel), tidak berbengaruh. Apa cara/tool lain yang bisa digunakan khusus untuk bright spot? Mohon bantuannya,
    Terima kash banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba set ke pengaturan awal/pabrik lalu adjus brightnya, lampu latar juga klo masih ga bisa mungkin sebagian lampu/led latarnya mati atau itu bisa jadi kena layarnya dan hrus ganti layar baru.

      Delete
  5. mas saya mau tanya tv saya mati karena pas saya colokan kelistrik tiba2 mati.. pas saya colokan itu tombol on/off nya dalam kondisi on makanya mati. kira2 apanya yang rusak ya mas,,

    ReplyDelete
  6. Salam Om, saya punya LED Changhong 39inch kalau saya hidupkan akan nyala normal ttp kalau sudah 1 jam maka tjd layar dan suaranya mjd diam alias error spt hang, pernah saya buka casingnya dan aku nyalakan maka tv nyala normal terus, kira-kira kenapa ya Om mohon pencerahannya . . . .

    ReplyDelete
  7. Mas mau tanya nih tv samsung lcd saya kena petir dlm keadaan off Tp lpmu depan hidup warna merah tp kok gk kluar gmbar ya

    ....

    ReplyDelete
  8. Kira2 apanya yg rusak ya klo tv keadaa Off kena Petir gk kluar gambar tp lampu dpan nyala warna merAh.thanx

    ReplyDelete
  9. salam kenal mas mo nanya nih tv sya LG 21" klo dinyalakan lampu power aja yg nyala lalu mati tp gambar gak ada ama ada suara menciut, awalx klo dinyalain berulang-ulang bisa ada gambar tp itupun lama skrng dah gak mau, mohon pencerahanx mas, makasih.

    ReplyDelete
  10. mas mau tanya nih. saya punya tv sharp gak mau hidup tapi lampu indikatornya berkedip. kira2 itu kenapa ya mas? da kalo diperbaiki kira2 bayar brapa ya

    ReplyDelete
  11. salam kenal ya mba mungkin si mas lagi standby mba coba ke service tanya paling tidak jauh dari 300 rb.mending bongkar sendiri buka kaper pake obeng dan plototin yang puas mba di jamin pusing jangan lupa pegang koas buat bersiin debu kalau udah bersih solder ulang bagian kaki ic memori buka kaki mba yang disolder

    ReplyDelete
  12. maaf mas munanyak tv samsung model CS20R1 maotot yang rusak apanya ya

    ReplyDelete
  13. mas punya tutorial servis tv pake osiloskop ga? klo punya hargnya brapa? tlong pm di email saya mas

    ReplyDelete
  14. Mau tanya mas.. tv saya toshiba bomba 29 in flat..
    Mati stanby saya coba bongkar trnyta sikring out pbt putus..stelah sy gnti putus lg trus ad R dsblhy ukuran 0.56 ohm hangus. Sya cba cek ic D2249 jbol.. stlah sya gnti nyala normal bbrapa mnit mati lg.. mohon pncerahanya bos..

    ReplyDelete
  15. salam kenal pak...trims atas postingannya. sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  16. ELLE 5 AGUSTUS 2016
    Salam kenal pak...tv lg 21fu1rl tadinya mati total saya ganti tr horizontal C6090 jebol terus sampai 2X saya ganti lagi C6090 dan KA 431A/TL 431A langsung lampu standbay nyala saya pikir sudah bisa,ternyata saya tekan remot p+ lampu standbay redup tapi gak mau hidup.mohon pencerahannya pak trims.

    ReplyDelete
  17. salam kenal, sy pendatang baru dan pemula bongkar2 tv.
    mau nanya mas... kalau tv cina di on layar berkedip sebentar dan mati lagi lampu indikator nyala kadang layar kedip berulang-ulang kira-kira solusinya bagaimana mas?
    mohon pencerahan dan terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  18. Mau tany mas. Tv panasonic quintirix f series dalam mode factory. Mau pake remot gakbisa. Tombol di tv jg rusak. Cara keluarinnya gimana ya?

    ReplyDelete
  19. Mau tany mas. Tv panasonic quintirix f series dalam mode factory. Mau pake remot gakbisa. Tombol di tv jg rusak. Cara keluarinnya gimana ya?

    ReplyDelete
  20. Mau tany mas. Tv panasonic quintirix f series dalam mode factory. Mau pake remot gakbisa. Tombol di tv jg rusak. Cara keluarinnya gimana ya?

    ReplyDelete
  21. Mohon bantuanya mas ..
    mesin tv wcom stenby sudah aku telusuri jalurnya normal tp tetap tidak hidup..
    mohon solusinya ..trmksh

    ReplyDelete
  22. Salam kenas mas.... Mau nanya ada tv LG 29" pearl black lampu powernya berkedip kedip,sudah di ganti str dengan resistor di regulator tetap sama,mohon pencerahannya.trims

    ReplyDelete
  23. Permisi mas mau tanya , saya ada tv konka 14" seri 1438c , tv nyala normal tapi saat di standby di bagian sekitar fbt berbunyi ngikkk tidak nyaring dan cuma saat di standby saja. kira-kira apanya ya mas? saya agak panik kalo fbtnya kena. trims

    ReplyDelete
  24. Artikelnya sangat membantu bagi pemula yang baru belajar komponen elektronika, tentunya ini jadi referensi buat saya. terimakasih banyak,, salam kenal

    Toko Elektronik Terlengkap
    Jual Arduino Murah
    Jual Komponen IC TV
    Distributor Komponen Elektronika Murah
    Jual Hinode Fuse
    Jual Rotary Encoder
    Jual LCD Display

    ReplyDelete
  25. Mas mao tanya dong tv saya normal gara" y remot y ilang trus tombol" di tv gk ada mao beli remot asli y tv y gk tau merek apaan soal y udh beda mesin trus pgn nyalain tv jadi gk bsa itu cara y gmna y mas klo tv udh nyala bkalan gampang buat pake remot setingan yg iya tv bingung nyalain y gmna apa di jumper ke mesin apa gmna mas supaya nyala doang makasih

    ReplyDelete
  26. Mas mau nanya...TV sy LG...sewaktu kabel power dicolokin ke listrik lampu standy nya nyala tapi cuma 5 detik setelah itu mati lagi...sudah sy ganti kabel powernya tetap tidak mau nyala mohon pecerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan itu ic vertikal nya mas, bukan kabel power.

      Delete
  27. Asalamualaikum mas maaf.tv thosiba bomba sya gk bsa pke remot walau saya udah ganti remot baru...maaf kira2 apa kerusakanya ya...klu tv hidup tpi gk bsa pke remot+tombolnya suka error...terima kasih

    ReplyDelete
  28. mo tanya mas, tv sony flat21 model kv ha21p50 teg 24v dari plyback tidak keluar kalo di tekan tombol ch indikator mati tegangan malah turun dan indikator nyala lagi kedip 4x, udah di ubek ubek gak ketemu juga penyebap nya

    ReplyDelete
  29. Misi mas mau tanya tv aiwa hidup sebentar lalu stenbay

    ReplyDelete
  30. pak sy mau nanyak tv sy merek toshiba kok volome ny baru 2 aj dh kuat x y gimna bagusin nya y?

    ReplyDelete
  31. assalamualaikum pak selamat malam.....saya ada kendala tv tcl 29 inch nyala sebentar trs mati lagi dan setelah di on lagi gak mau nyala lagi dan seterusnya tegangan output pun ga ada...mohon solusinya pak terima kasih

    ReplyDelete